Selasa, 08 Oktober 2013

Sedikit tentang Perjuangan dan Kesempatan Menjadi Praja IPDN

2005
Corps drum band Gita Abdi Praja (GAP) dari IPDN tampil di kota saya. Saat itu pertama kali saya melihat Praja IPDN. Langkah tegap, sikap tegas dan disiplin namun ramah. Itulah kesan pertama yang saya lihat. Saat itu saya masih kelas VII SMP, tapi setelah melihat penampilan GAP, saya mulai mempunyai mimpi untuk menjadi Praja IPDN.

Drum Corps Gita Abdi Praja IPDN


2009
Ada undangan ke SMA saya dari IPDN. Undangan untuk mengirim satu perwakilannya mengikuti kegiatan seminar dan latihan kepemimpinan Ikatan Pengurus OSIS Jawa Barat (IPO Jabar) di Kampus IPDN Jatinangor. Saya ditunjuk oleh sekolah untuk mewakili. Waktu itu saya benar-benar senang dan bangga. Saya akan merasakan tinggal di ksatriaan IPDN untuk beberapa hari, ksatriaan impian saya.
Pertama kali masuk ke kampus IPDN, saya takjub. Luar biasa sekali rasanya melihat dan bisa masuk ke dalamnya. Kakak-kakak berseragam pakaian dinas harian (PDH) menyambut saya. Disiplin, tegas tapi sangat ramah. Dalam hati saya berdoa “Ya Allah, ridhoi saya menjadi bagian dari mereka, ridhoi saya suatu saat untuk bisa seperti mereka..”
Merasakan tinggal di kampus IPDN dan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan yang diadakan merupakan salah satu momen paling luar biasa dalam hidup saya. Menjelajahi kampus dan mengenal keseharian kehidupan praja. Tekad semakin menguat untuk menjadi Praja IPDN. Setiap ada kesempatan untuk shalat di Masjid Darul Maarif IPDN, selalu saya selipkan doa dan harapan saya, “Ya Allah, izinkan saya menjadi bagian dari keluarga besar IPDN, ridhoi saya untuk tinggal dan kuliah disini sebagai praja, saya mohon dengan sangat..”
Sepulang dari acara di IPDN saya mengedit salah satu foto kakak praja yang saat itu menjadi panitia, saya ganti wajahnya dengan wajah saya (bukan bermaksud negatif, hanya sebagai motivsi bagi saya sendiri). Saya simpan foto tersebut di laptop saya sambil bertekad dalam hati, tahun depan, saya harus bisa berfoto dengan PDH saya sendiri, tidak lagi mengganti wajah orang lain dengan wajah saya.
Ketika teman saya melihat foto tersebut, dia berkata “Kamu ngedit foto orang sembarangan, izin ngga sama kakaknya? Kalo kamu cuma pengen pake PDH Praja, gampang! Bikin aja bajunya ke tukang jahit, pake deh itu baju, selesai kan? Tapi bukan itu masalahnya, berhak ngga kamu pake PDH itu? Yang harus kamu perjuangin bukan bajunya, tapi hak buat bisa pake baju itu. Yah masalah foto, ngga apa-apa sih kalo buat motivasi diri, asal jangan disalahgunakan aja, ngga usah dipublikasi. Nanti kalo kamu resmi jadi praja, temuin kakak yang kamu edit fotonya, laporan, kamu udah resmi jadi praja. Bilang makasih karena dia udah jadi motivasi kamu juga.”
Setelah perbincangan itu, tekad saya semakin menguat untuk jadi praja, saya simpan baik-baik foto tadi, dan saya berjanji pada diri sendiri, saya harus bisa menemui kakak yang saya edit fotonya dengan menggunakan PDH saya sendiri untuk berterima kasih.

Ikatan Pengurus OSIS (IPO) Jawa Barat 2009

Ikatan Pengurus OSIS (IPO) Jawa Barat 2009


2010
Tahun ini saya lulus SMA, saatnya berjuang mewujudkan mimpi saya untuk menjadi Praja IPDN. Saya utarakan niat saya kepada kedua orang tua saya, meminta izin dan doa untuk perjuangan saya. Setiap berangkat ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) untuk mengurus persyaratan seleksi, selalu saya meminta doa dulu dari orang tua saya. Bismillah.. perjuangan dimulai..  Ridhoi ikhtiar saya ya Rabb, mudahkan dan lancarkan semuanya, beri hasil terbaik, aamiin..

Pengukuhan Muda Praja IPDN angkatan XXI, Tahun 2010 


Pengukuhan Muda Praja IPDN angkatan XXI, Tahun 2010 


2013
Hari ini, 8 Oktober 2013, saya duduk di depan laptop saya, menulis tulisan ini seusai kuliah. Empat hari lagi tepat tiga tahun saya resmi menjadi Praja IPDN. Ya, 12 Oktober 2010 saya resmi dilantik menjadi Muda Praja IPDN di lapangan parade Kampus IPDN Jatinangor, bersama rekan-rekan lain dari Sabang sampai Merauke. Nikmat dan amanah luar biasa yang Allah berikan kepada saya. Impian dan cita-cita saya sejak SMP dikabulkan. Hari ini, saya tidak lagi harus mengedit foto untuk bisa mempunyai foto berpakaian PDH, PDH itu sedang saya kenakan, dengan nama saya sendiri tertulis pada papan nama di dada kanan. Saya sudah berhak menggunakan PDH ini secara resmi, begitu juga dengan pakaian dinas lainnya, pakaian dinas upacara (PDU), pakaian dinas lapangan (PDL), pakaian dinas pesiar (PDP) dan training olahraga.
Bintang pada dek yang ada di pundak saya sudah lengkap, tiga bintang. Saya sudah Wasana Praja, tingkat akhir, satu tahun lagi sebagai Praja IPDN. Masa Muda Praja, Madya Praja dan Nindya Praja sudah saya lalui. Tahun depan insya Allah sudah menjadi Purna Praja. Ditempatkan untuk menjalani pendidikan di Kampus Jatinangor lalu dipindahkan lagi ke Kampus IPDN Regional Sulawesi Selatan dan akhirnya sekarang di Kampus IPDN Cilandak, semua sudah saya jalani.
Saat ini saya sedang memulai persiapan untuk menyusun skripsi untuk meraih gelar sarjana saya, Sarjana Ilmu Pemerintahan (S.IP.)

Muda Praja


Madya Praja

Madya Praja

Nindya Praja


Wasana Praja


Dan tentang kakak yang saya edit fotonya, sudah saya temui tiga tahun lalu, sudah saya jabat tangannya, dan sudah saya ucapkan terima kasih sambil memperkenalkan diri. Saat itu saya sudah bisa menggunakan PDH saya sendiri.


Apa yang saya tulis disini, sama sekali tidak ada maksud untuk menyombongkan diri. Hanya berbagi pengalaman yang saya harap bisa memotivasi. Perjuangan untuk meraih impian itu tidak mudah. Butuh perjuangan dan doa.
Ada teman saya, lulusan tahun 2008, dua kali gagal mengikuti seleksi IPDN, sampai akhirnya benar-benar berserah diri pada Allah untuk seleksi yang ketiga kalinya tahun 2010, akan tetap bersyukur apapun hasil akhirnya. Teman saya yang lain, lulusan 2009, sudah lolos sampai seleksi tahap akhir, pantukhir, namun saat akan mengikuti pantukhir, ayahnya berpulang, akhirnya dia mengundurkan diri saat itu demi ayahnya dan keluarganya. Pada tahun 2010 dia kembali mengikuti seleksi, demi pembuktian diri, demi almarhum ayahnya.
Saat ini, kedua teman saya itu sedang memakai PDH, dengan nama mereka tertulis pada papan nama di dada kanannya, tiga bintang pada deknya, sama seperti saya.
Teman saya yang lain, lulusan 2011, mencoba mengikuti seleksi IPDN, namun gagal, lalu memaki-maki dan menjelek-jelekkan nama IPDN di beberapa media sosial. Tahun 2012 ikut lagi dan gagal lagi. Lalu kembali bersikap negatif terhadap lembaga. Saat ini dia berkuliah di universitas lain.

Menjadi Praja IPDN itu tergantung pada kehendak Yang Diatas. Sekeras apapun kita mencoba, sebanyak apapun kita berdoa, kalau memang bukan jalan dan rezekinya, ya tidak akan bisa, meskipun dipaksakan. Jika gagal pada kesempatan pertama, tetap bersyukur atas pengalaman tersebut, tetap berdoa dan coba lagi pada kesempatan berikutnya. Jika berhasil, jangan takabur, jangan berpuas diri, ada tanggung jawab dan amanah yang jauh lebih besar yang harus dijalani. Lalu jika memang tidak ada rezeki di IPDN? Tetap bersyukur, kejar kesuksesan di jalan yang Allah berikan.

IPDN bukan segalanya, bukan penentu kesuksesan. IPDN hanya menjamin untuk bekerja setelah selesai pendidikan, tapi tidak menjamin kesuksesan. Karena kesuksesan ditentukan oleh diri sendiri. Siapapun, dari manapun, semua bisa sukses. Asal mau berusaha, berjuang, berdoa, bersyukur, dan terus percaya. Dan tentu saja, sukses itu karena ada ridho dan doa dari orang tua.

Wasana Praja Wisma Nusantara 12 Atas


31 komentar:

  1. terimakasih atas tulasan yang memotivasi. berkat tulisan kakak, saya lebih termotivasi untuk menjadi praja IPDN. semoga kakak diberi kelancaran dalam pembuatan skripsi, dan semoga saya juga dapat menyusul kesuksesan kakak. Saya masih duduk di bangku kelas 3 SMA dan saya berencana mendaftar menjadi praja IPDN tahun 2014 ini. semoga saya bisa seperti kakak. sukses untuk kita semua. aamiin

    BalasHapus
  2. subhanallah, pengalaman yang begitu berharga.
    saya juga bercita-cita menjadi praja IPDN, semoga terkabul cita-cita saya. amiin. smoga Allah meridhoi setiap usaha kita. semoga sukses kak :)

    BalasHapus
  3. terimakasih, jaga terus semangatnya! jangan lupa tetap berdoa dan berusaha, sukses untuk semuanya :)

    BalasHapus
  4. keren kak.....
    sukses slalu...
    semoga tahun ini,saya bisa seperti kakak...
    amin

    BalasHapus
  5. good posting...
    tetap semangat..
    semua yang dilalui selama pendidikan akan terasa ketika bertugas di lapangan kelak..

    _BHINEKA NARA EKA BHAKTI (17.0350)

    BalasHapus
  6. siap kak, terimakasih .. BHINEKA NARA EKA BHAKTI ..

    BalasHapus
  7. kak, kalau bole tahu pendaftaran IPDN 2014 kapan Dimulai kak..??

    trimakasih

    BalasHapus
  8. nice posting kim, Good Luck kim, praying and working more, more and more and not forgetten for give thanks to Allah always.

    BalasHapus
  9. Terimakasih banyak atas catatan nya kak, ini benar-benar memotivasi saya untuk lebih menguatkan tekad melanjutrkan sekolah di IPDN. Semoga tahun ini saya bisa menjadi salah satu bagian dari Praja disana. semoga Allah SWT meridhoi dan memberikan jalan nya, amiin

    BalasHapus
  10. izin kak, semoga sukses selalu kak

    BalasHapus
  11. Vicky :terima kasih kaks.. sukses selalu untuk kita semua, semakin bersyukur nikmat semakin dilimpahkan, aamiin :)

    Sri : aamiin, sukses seleksinya dek :)

    CItra : terima kasih ya dek, sukses selalu :)

    BalasHapus
  12. Masha Allah.. menarik ceritanya ka.. suksea terus

    BalasHapus
  13. izin kak
    sungguh perjuangan yang membuahkan hasil . semoga iini menjadi motivasi saya untuk belajar dan kelak menjadi purna praja yang berguna bagi semua element kak
    izin kak

    BalasHapus
  14. Minta doanya juga kk, semoga tahun ini saya bisa jadi adik kelasnya kakak. Terimakasih

    BalasHapus
  15. Bangga pernah mengasuh km dek di IPDN Kampus Sulsel...semoga sukses dilapangan..amiin...Bhinneka Nara Eka Bhakti!!!

    BalasHapus
  16. Bangga pernah mengasuh km dek di IPDN Kampus Sulsel...semoga sukses dilapangan..amiin...Bhinneka Nara Eka Bhakti!!!

    BalasHapus
  17. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. keep the spirit coz life ain't dreams but it's always been a fighting how you earn what u deserve. (9'ers)

    BalasHapus
  20. Subhanallah mau cerita ni ka.
    Dari kelas 2 SMA saya punya impian untk kuliah di Ipdn, saya trmotivasi dengan kk ipdn yg ada di skolah saya. entah ngapain dia datang di desa kami, dari situ saya bertekad lulus nanti saya ingin kuliah di ipdn. saya sering baca2 di internet tentang ipdn, syarat2 masuk ipdn dll sudah saya baca, bahkan air mata saya selalu jatuh ketika membaca tentang ipdn, karna sya jika sya nanti jadi praja ipdn, saya bisa brsosialisasi dengan ratusan org dgn beda suku dan tahu betapa unik nya indonesia. karna impian saya dari SD adalah hidup dgn orng2 berbeda suku tapi 1 negara.
    dan skarang sya sudah lulus SMA tapi ortu tidak mengizin kan saya jdi praja ipdn karna faktor ekonomi, dan skarang sya hanya bisa merelakan impian saya yg tidak bisa jadi nyata, saya hanya berharap suatu saat keponakan saya bisa mewujudkan impian saya yg ga trwujud. bahkan sampai sekarang saya berharap semoga ada keajaiban.

    BalasHapus
  21. Saya suka dengan semangat nya ka.

    BalasHapus
  22. Kak bisa minta pin bbm kakak atau whatsapp kaka ? Saya pengen tau lebih jauh tentang ipdn

    BalasHapus
  23. subhanallah cerita kaka memotivasi saya lebih giat dan berusaha kras agr bisa masuk IPDN tahun ini.

    BalasHapus
  24. Subhanallah memotivasi sekali ceritanya kak,sejak kecil impian saya ingin masuk IPDN,4 tahun lagi saya bisa mengkuti seleksi IPDN dan saya hrs mempunyai tekad keras untuk lolos,doakan impian saya menjadi praja di IPDN bisa terwujud amin yaallah

    BalasHapus
  25. Subhanallah memotivasi sekali ceritanya kak,sejak kecil impian saya ingin masuk IPDN,4 tahun lagi saya bisa mengkuti seleksi IPDN dan saya hrs mempunyai tekad keras untuk lolos,doakan impian saya menjadi praja di IPDN bisa terwujud amin yaallah

    BalasHapus
  26. Subhanallah memotivasi sekali ceritanya kak,sejak kecil impian saya ingin masuk IPDN,4 tahun lagi saya bisa mengkuti seleksi IPDN dan saya hrs mempunyai tekad keras untuk lolos,doakan impian saya menjadi praja di IPDN bisa terwujud amin yaallah

    BalasHapus